Menulis

Saya tidak tahu harus mulai dari mana?
Bagusnya diawali dengan hal apa?
Bilang apa dulu?
Pusing. Itulah yang terjadi ketika kita mencoba untuk menuangkan pikiran kedalam bentuk tulisan, saya juga mengalaminya. Saya pikir, menjadikan pikiran kita sesuatu yang lebih nyata secara tertulis memang  jadi masalah. Seringkali masalah itu trejadi justru ketika memulai untuk melakukan, pernah dengar  just let it flow kan? yang saya maksud bukan judul lagu tetapi, pakailah kalimat itu sebagi jurus untuk memulai menuangkan pikiran anda, itulah yang saya lakukan ketika saya belajar menulis.
Ada banyak hal yang sulit dipikirkan tetapi tidak begitu jika dilakukan, so mulailah menuliskan dari apa kata yang pertama kali anda ingat saat itu, anggap anda bercerita secara verbal dan pendengar anda sangat sabar menunggu anda hingga selesai. ketika anda merasa bingung akan menulis kata selanjutnya maka tuliskan apa yang anda ucapkan dalam pikiran.
Contoh, 'waktu itu saya menatap langit yang tak lagi biru...' lalu anda bingung dan berpikir 'apa lagi ya?'
tulis saja 'waktu itu saya menatap langit yang tak lagi biru..apa lagi ya?' karaena ketika kita berhenti sering kali kita jadi kehilangan kata yang ingin disampaikan.
Semakin lancar anda menuliskan apa yang anda ucapkan dalam pikiran, semakin baik anda menulis. Apabila anda sudah merasa menceritakan semuanya, maka bacalah lagi untuk memeperbaiki selipan kata yang tadi digunakan untuk memeperlancar (apa lagi ya) sambil memperbaiki tata penulisannya. Cara ini membantu anda untuk menjadi labih berani, dan percaya diri. cara ini juga memebantu kita untuk mempermudah membawa pembaca masuk kedalam suasana yang kita rasakan, akan tetapi, ingat periksa lagi selipan yang anda gunakan apakah itu bagus atau tidak. Biasanya selipan itu hanya akan ada di awal bagian saja.
Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar